7 Pemahaman Benar & Salah Tentang Dunia Desain Grafis

By July 31, 2018 Chrombit News
7 Pemahaman Benar & Salah Tentang Dunia Desain Grafis

1. Harus bisa pakai Laptop/PC

Pada kenyataannya komputer adalah sebuah alat yang sesungguhnya harus menjadi sarana bagi seorang designer dalam memudahkan membuat salah satu karya.

Namun belakangan banyak orang orang yang salah kaprah mengenai design grafis itu sendiri, padahal inti dari arti menjadi seorang designer grafis adalah mampu merancang solusi untuk suatu masalah yang berkaitan dengan pengembangan sebuah imajinasi menjadi wujud nyata.

2. Harus bisa photoshop atau program grafis lainnya

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan program grafis seperti photoshop, corel draw, illustrator, freehand, inkscape dan lain sebagainya merupakan makanan wajib bagi para design grafis yang notabenenya menggunakan komputer sebagai media dasar pengolahan imajinasi menjadi nyata.

Namun satu hal yang pasti adalah menggunakan daya kreatifitasnya untuk menciptakan sesuatu dengan alat yang tidak mungkin bisa digunakan menjadi senjata yang ampuh dalam menciptakan sebuah mahakarya.

3. Pekerjaan Desain grafis = harus bisa bikin iklan

Nah untuk yang satu ini, memang banyak masyarakat saat ini menggunakan jasa desain grafis untuk membuat sebuah branding untuk mengiklankan produk mereka ke khalayak ramai, contoh; Brosur, Leaflet, X-Banner, Giant Banner, dll. Juga merupakan produk yang dinamakan iklan offline. Yang online? yang biasa di pasang di website atau youtube.

4. Menjadikan produk biasa jadi luar biasa

Nggak salah tapi juga nggak benar, walau demikian desain grafis banyak disalah artikan sebagai sebuah hal untuk mempercantik saja, namun dibalik itu juga kegunaan desain grafis adalah menyampaikan sebuah pesan.

Baca Juga – Investasi Bisnis 3D Printing Action Figures Yang Menjanjikan

Contohnya adalah kalau hanya membuat kue tart bagus saja dalam bentuk fisik, pastinya banyak yang salah artikan sebagai tart untuk dimakan, namun bila di desain sedemikian rupa dan apalagi dipasang ornamental bunga dan pasang lilin dengan angka yang tertera tentu kesan dari tart ini berubah menjadi sebuah pembawa pesan.

5. Desain grafis ada seleranya?

Ya betul atau tidak namun desain grafis juga memiliki nilai selera dimata masing masing orang, tidak melulu mengikuti aturan namun tentu hal ini harus diselingi dengan filosofi sehingga bentuk dari arti desain grafis itu sendiri tidak hilang menjadi sebuah bentuk tidak berarti sama sekali.

6. Jadi desainer grafis harus punya darah seni

Memang sebagian besar orang menilai bahwa menjadi desainer harus punya darah seni, namun tidak sepenuhnya benar. Pandainya seseorang dalam membuat sebuah mahakarya yang epic dan dahsyat tidak semata mata hanya sebuah bakat, namun juga didasari oleh tekat dan ketekunan dalam membuat sebuah karya.

Menggunakan kreativitas, logika, analisa, komunikasi dan bahkan kepekaan tentu adalah pertimbangan yang pasti untuk menjadi desainer grafis yang handal.

Baca Juga – Cara Epic Bikin Backlink Buat Web Design, Sekali Klik Jadi

7 Pemahaman Benar & Salah Tentang Dunia Desain Grafis

7. Menjadi seorang desainer grafis harus bisa menggambar

Ini adalah modal awal bagi anda untuk menjadi seorang desainer grafis, tidak masalah walau hasilnya buruk. Namun menjadi dewa tidak harus lahir dari dewa, berawal dari nol dan berjuang dalam meningkatkan mutu merupakan jalan utama desainer grafis.

Tidak perlu malu jika anda seorang direktur perusahaan desain grafis, gambar jelek daripada anak buah anda. Ketekunan adalah kunci sukses anda dalam menjadikan anda seorang dewa, jangan berkecil hati bila dapat kritikan, tegar dan jadikan masukan yang membangun anda di masa depan yang nyata.

© 2017, Chrombit Digital Lab